Anggota Koperasi adalah Pemilik Koperasi

Bagikan

Partisipasi anggota koperasi memiliki peran penting dalam koperasi sebagai sebuah entitas yang berazaskan kekeluargaan. Hal inilah menjadi salah satu dasar bagi Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah BTM An Nikmah Surya Kotagede untuk menyelenggarakan pendidikan bagi anggota. Acara pendidikan yang diberi nama “PENA BTM An Nikmah Surya Kotagede” diselenggarakan pada 11 Mei 2024 bertempat di SMA Muhammadiyah 4 Kotagede Yogyakarta. “Pena merupakan singkatan dari Pendidikan anggota dan juga bisa berarti alat tulis yang digunakan untuk belajar, maka Pena diharapkan menjadi ajang belajar anggota, pengelola maupun pengurus dan pengawas dalam hal perkoperasian. Dan kali ini merupakan Angkatan pertama kedepannya akan diselenggarakan angkatan-angkatan berikutnya” terang Kurdi Dwinanto Ketua Pengurus KSPPS BTM An Nikmah Surya Kotagede.

- Advertisement -

Dalam materinya yang berjudul “Koperasi Syariah menjadi Berkah” M. Riduwan Ketua PWM DIY yang menjadi salah satu narasumber memaparkan pentingnya peran BMT/BTM dalam Program Strategis Muhammadiyah terutama dalam bidang ekonomi selain membantu Usaha mikro dan kecil untuk mendapatkan akses modal yang layak juga membantu umat yang terjerat rentenir. M. Riduwan juga berpesan agar anggota berperan aktif di koperasinya “Karena Merah-Hijaunya koperasi tergantung peran serta anggota dalam menjadi penyimpan maupun pengguna jasanya”

Artikel Lainnya
1 of 3

Sementara itu Ketua KSPPS BTM An Nikmah Surya Kotagede Kurdi Dwinanto dalam paparannya mengajak anggota untuk lebih mengenal koperasinya karena anggota adalah juga menjadi pemilik Koperasi. Tak hanya mengenal koperasi tetapi juga jajaran pengurus, pengawas dan pengelolanya juga saling mengenal antar anggota sehingga bisa terjalin komunitas yang saling menguntungkan dan kekeluargaan yang erat.

Baca Juga :   Lika-liku Sejarah PPHQ AMM Kotagede

Tak hanya tentang perkoperasian, acara Pendidikan Anggota ini juga diisi materi dari biro umroh dan haji Hajar Aswad Mubaroq yang mempresentasikan berbagai macam layanan Haji maupun Umroh. Tak hanya itu R. Agung Sri Bandono, S.E. memaparkan Peluang mendapatkan penghasilan dengan menjadi agen umrah. Untuk saat ini KSPPS BTM An Nikmah Surya Kotagede telah bekerjasama dengan Hajar Aswad Mubaroq dan Surya Citra Madani (SCM) PWM DIY untuk produk tabungan Umroh dan masih membuka peluang kerjasama dengan biro lainnya.


Bagikan

Leave a Reply