StorySight, Platform Karya Mahasiswa UMY Untuk Meningkatkan Minat Baca Anak Usia Dini

Bagikan

Rabu, 21 Februari 2024, Majelis PAUD Dasmen Pimpinan Cabang ‘Aisyiyah (PCA) Kotagede, bekerja sama dengan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta menggelar acara diskusi parenting untuk meningkatkan minat baca anak usia dini. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari pemanfaatan platform membaca digital “Story Sight”.  Platform hasil karya Galang Hidayat Jati, mahasiswa UMY, ini dapat digunakan untuk meningkatkan minat baca anak-anak.

- Advertisement -

Eko Purwanti, S.Pd., M.Hum., Ph.D., dosen UMY yang berpengalaman dalam bidang pendidikan, menjadi narasumber utama dalam sesi pertama. Dengan penuh semangat, beliau membahas pentingnya pendampingan orang tua dalam meningkatkan minat baca anak usia dini melalui platform digital. Dengan pendekatan yang inovatif, ‘Story Sight’ menciptakan pengalaman membaca digital yang menarik dan interaktif. Keseruan tidak hanya terletak pada materi yang disampaikan, tetapi juga pada cara penyampaiannya yang membuat acara ini menarik dan interaktif. Peserta diberikan kesempatan untuk memberikan testimoni, berbagi pengalaman dalam memanfaatkan platform.

“Story Sight ini merupakan platform yang sangat menarik. Setelah saya coba, anak saya jadi  ketagihan untuk dibacakan cerita-cerita  yang sangat seru,”

Bu Nova
Artikel Lainnya
1 of 20

Gerakan ‘Aisyiyah Cinta Anak (GACA)

Sesi kedua diisi dengan sosialisasi Gerakan ‘Aisyiyah Cinta Anak (GACA)’, yang disampaikan oleh Dra. Umi Hidayati, M.Pd. koordinator relawan GACA kota Yogyakarta. Program GACA ini merupakan wujud kepedulian ‘Aisyiyah melalui upaya pencegahan dan pengurangan tindak kekerasan terhadap anak, baik di keluarga, sekolah, maupun lingkungan tempat ia tinggal dan beraktivitas. Gerakan ini bertujuan mengajak orang tua dan guru untuk bersama-sama menciptakan lingkungan pendidikan yang positif dan mendukung perkembangan anak-anak.

Baca Juga :   Tur Titik Putih di Kotagede: Bicara Sejarah Sepak Bola dan Isu Lingkungan

Peserta kegiatan terdiri dari perwakilan guru dan komite TK ABA se-Kemantren Kotagede. Mereka aktif terlibat dalam diskusi dan sesi tanya jawab, menciptakan suasana yang penuh interaksi dan kolaborasi. Hal ini menunjukkan kesadaran akan pentingnya literasi anak usia dini dalam membangun fondasi pendidikan yang kokoh.

Majelis PAUD Dasmen berharap kegiatan ini menjadi titik awal untuk upaya berkelanjutan dalam meningkatkan literasi anak usia dini. Parenting dalam upaya meningkatkan minat baca anak usia dini melalui platform membaca Story Sight ini menjadi langkah konkret dalam mendukung pendidikan anak usia dini. Dengan peran aktif orang tua, penggunaan teknologi inovatif, dan dukungan komunitas, mereka berkomitmen untuk menciptakan generasi yang cerdas dan berpengetahuan luas.


Bagikan

Leave a Reply