PRM dan PRA Jagalan, Gelar Bakti Sosial di Paliyan Gunungkidul 

Bagikan

Pimpinan Ranting Muhammadiyah /’Aisyiyah (PRM/PRA) Jagalan Kotagede menyelenggarakan bakti sosial dalam rangka menyambut hari raya Idul Adha pada Selasa (18/6/2024).

- Advertisement -

Bakti sosial kali ini PRM/PRA Jagalan berkolaborasi dengan Pimpinan Ranting Pemuda Muhammadiyah (PRPM) dan Pimpinan Ranting Nasyiatul Aisyiyah (PRNA) Jagalan dengan memberikan hewan kurban sebanyak 1 ekor sapi dan 1 ekor kambing di Padukuhan Pengos, Kalurahan Giring, Kapanewon Paliyan Gunungkidul. 

Turut hadir bersama rombongan Ketua PRM Bapak H. Yunus Wahyudi dan Ketua PRA Ibu Hj. Nur Widiati, M.Pd. Rombongan yang berjumlah 35 orang tiba di lokasi pada pukul 10.00 dan disambut oleh Dukuh Pengos, Ratno. 

Artikel Lainnya
1 of 19

Dalam sambutannya, Ratno menyampaikan terima kasih kepada rombongan atas kehadiran dan pelaksanaan baksos di pedukuhan Pengos.

“Kami warga Pengos mengucapkan terima kasih kepada PRM/PRA Jagalan Kotagede atas bantuan kurbannya, semoga ke depan kegiatan ini bisa dilaksanakan kembali secara rutin” ungkap Ratno, Selasa (18/6/2024).

Sementara Ketua PRM mengaku kegiatan ini sebagai garis yang telah ditakdirkan. 

“Ini sudah ditakdirkan, mengingat perencanaan kegiatan ini yang hanya dilakukan dalam waktu singkat, hingga PRM/PRA Jagalan dapat bersilaturahmi dengan warga padukuhan Pengos” ucap ketua PRM sekaligus bertindak sebagai sohibul qurban.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan daging secara simbolis oleh perwakilan Sohibul Qurban, H. Bambang Sumantri kepada salah seorang warga. 

Pada kesempatan ini, warga mengaku sangat bahagia karena mereka bisa turut merayakan hari besar Idul Adha. Hal ini karena padukuan Pengos merupakan kawasan minim air, pertanian hanya mengandalkan tadah hujan, termasuk pengembangan ternak yang sulit karena kondisi air yang minim.

Baca Juga :   DARURAT! Sedang Bawa Pasien, AmbulanMu Evakuasi Korban Lakalantas

Wilayah ini memang layak untuk mendapatkan bantuan berupa hewan kurban. Hal tersebut karena kondisi ekonomi masyarakat yang masih perlu upaya untuk peningkatan.

“Warga di sini baru saja mengalami gagal panen karena musim hujan yang tak kunjung datang pada akhir tahun 2023” ungkap Yanto, salah seorang warga yang juga menjadi panitia bakti sosial kali ini.

Lebih lanjut kegiatan dilengkapi dengan pengajian oleh Ustadz H. Wartono, dan dilanjutkan dengan makan siang bersama. Sementara panitia lainnya melanjutkan distribusi daging kurban ke seluruh warga di tiga padukuhan di Kalurahan Giring.


Bagikan

Leave a Reply