PPHQ AMM Kotagede: Sinergi Generasi Muda Muhammadiyah Wujudkan Berkurban Jadi Mudah

Bagikan

Perayaan hari raya Iduladha semakin dekat. Mengingat pentingnya ibadah kurban, tidak sedikit kesibukan dan keterbatasan waktu seringkali menjadi kendala bagi orang yang ingin melaksanakan kurban. Memahami hal tersebut, Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) Kotagede, Yogyakarta hadir membawa angin segar untuk para shohibul kurban lewat layanan kewirausahaan Pusat Penjualan Hewan Qurban (PPHQ).

- Advertisement -

PPHQ adalah salah satu lini kewirausahaan AMM Kotagede yang rutin dilaksanakan dari tahun ke tahun. Pada Iduladha tahun 2024 ini, AMM Kotagede mengusung tagline “Berkurban Jadi Mudah”. Marcello Imam Santoso, Wakil Ketua PPHQ Kotagede mengatakan pelaksanaan PPHQ mayoritas dikelola secara gotong royong oleh generasi muda Kotagede.

“Secara keseluruhan pengurus PPHQ adalah pemuda pemudi Kotagede. Tidak hanya anggota AMM, tetapi kita mengajak anak muda dari seluruh Ortom Muhammadiyah Kotagede untuk terlibat aktif di lapangan,” ujarnya saat ditemui di lokasi PPHQ. Rabu, (22-5-2024).

Artikel Lainnya
1 of 21

Karena mayoritas anak muda, kata Imam, pemasaran lewat media sosial cukup masif. Kami pasarkan lewat TikTok @pphq.ammkg, Instagram @pphqammkg, dan juga Facebook. “Hingga saat ini, PPHQ telah bekerja sama dengan beberapa masjid. Salah satunya Masjid Dalilatul Iman, Umbulharjo yang setiap tahunnya beli sekaligus melakukan penyembelihan di sini, sekitar 6-9 ekor sapi,” pungkasnya.

Pelayanan PPHQ AMM Kotagede

pphq amm kotagede (dokpri)
pphq amm kotagede (dokpri)

Ibadah kurban merupakan sunnah muakkad, yaitu sunnah yang sangat dianjurkan. Umat Islam menyembelih hewan ternak seperti sapi, kambing, atau domba, kemudian dagingnya dibagikan kepada sesama. Sebagai wujud ketaatan kepada Allah Swt.  sekaligus bentuk rasa syukur dan kepedulian terhadap sesama manusia.

Baca Juga :   Giat Layanan Ambulanmu Kotagede

Tagline “Berkurban Jadi Mudah” tentu saja bukan sekadar slogan. Melalui PPHQ, AMM Kotagede menyediakan berbagai pilihan hewan kurban berkualitas sesuai syariat Islam dengan harga yang terjangkau. Tak hanya itu, AMM Kotagede juga menawarkan layanan penunjang kurban yang lengkap, mulai dari penyembelihan, pemotongan, pengemasan, hingga distribusi daging kurban kepada yang berhak.

Bahkan, pengurus juga menyediakan layanan seperti pengiriman gratis, pembelian 1/7, diskon, souvenir, serta doorprize untuk para pembeli. Pelayanan dan inovasi yang ditawarkan menjadi daya tarik tersendiri bagi para calon shohibul kurban. Tak heran, PPHQ AMM Kotagede selalu ramai dikunjungi setiap menjelang iduladha.

“Bagi para shohibul kurban yang ingin menyembelih di sini, kami ada tukang jagal ahli dan kemudian akan dikelola oleh tim. Shohibul kurban terima bersih dan tinggal membagikan,” ujarnya.

Dalam menjaga hewan tetap sehat, Imam menyampaikan ada dua tim yaitu tim kesehatan dan pemberi makan sekaligus merawat kandang tetap bersih. “Untuk kesehatan hewan, ada sekitar tiga teman kami yang kuliah dan menjadi asisten lab di Peternakan Universitas Gadjah Mada (UGM). Sehingga untuk formulasi dan vitamin pakannya mereka yang menentukan. Baru kemudian diurus oleh tenaga professional,”.

Melihat penjual setiap tahun meningkat, pada iduladha tahun 2024 ini, PPHQ akan menyediakan 300 ekor kambing dan 15 sapi. “Alhamdulillah tiap tahun meningkat, tahun lalu ada sebanyak 264 ekor kambing dan 18 ekor sapi terjual,” pungkasnya.

Kaderisasi AMM Kotagede

Keberhasilan PPHQ ini tidak lepas atas peran penting kaderisasi Muhammadiyah oleh para AMM terdahulu. Yang secara konsisten melakukan pendekatan dan bimbingan sehingga melahirkan sinergi yang positif. PPHQ juga menjadi sarana edukasi kewirausahaan, semangat gotong-royong dan kepedulian sosial para generasi muda Kotagede.

Baca Juga :   Tebar Makna Qurban di Idul Adha: Masjid Al Fatah Kotagede dan SHAF Berbagi Kebahagiaan di Masjid At Taqwa Bleder Kulon Progo

Ia menceritakan bahwa proses pengelolaan PPHQ, misalnya mencari hewan kurban sesuai syariat Islam, di dapat dari para pengurus AMM Kotagede sebelumnya. Meskipun mereka sudah sibuk bekerja, kuliah, dan berkeluarga. Proses kaderisasi masih terjalin dengan baik.

“Alhamdulillah, komunikasi dengan pengurus AMM sebelum-sebelumnya terus terjalin. Jadi ilmu dari awal pendirian PPHQ hingga sekarang masih sampai kepada kami. Dan kami sebagai anak muda tinggal meneruskan dan membuat inovasi terbaru,” tandasnya.

Misalnya, lanjut Imam, saat akan membeli hewan kurban kami mengajak teman-teman yang lebih muda untuk ikut serta. Begitu juga dengan anak muda yang baru bergabung, kami kenalkan bagaimana cara melayani pembeli, mendata, merawat hewan, hingga proses akhir pembagian hewan kurban.

Sementara dari hasil profit, Imam menegaskan hasil keuntungan dari penjualan hewan kurban yang masuk ke AMM Kotagede disalurkan ke seluruh Ortom di Kotagede. “Keuntungan kami bagi hasil dengan Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Kotagede. Jadi sekitar 40 persen untuk Ortom dan 60 persen profit yang masuk AMM kami salurkan beberapa divisi untuk kelancaran kegiatan dakwah selanjutnya,” tutup Imam.

Dapatkan informasi lengkap PPHQ AMM Kotagede lewat:

Lokasi : Jl. Pramuka No.62, Giwangan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, DIY

Email : mediapphqamm@gmail.com

Nomor WhatsApp: 0897 1302 010

Instagram : @pphq.ammkg

Tiktok : pphqammkg


Bagikan

Leave a Reply