Pendampingan Orang Tua dalam Meningkatkan Literasi Membaca Anak Usia Dini Melalui Platform Membaca Digital  “Storysight”

Bagikan

Majelis Pendidikan Usia Dini dan Pendidikan Dasar (PAUD Dasmen)  Pimpinan Cabang ‘Aisyiyah (PCA) Kotagede Yogyakarta pada hari Kamis tanggal 15 Februari 2024 menyelenggarakan diskusi parenting dengan topik Pendampingan Orang Tua dalam Meningkatkan Literasi Membaca Anak Usia Dini Melalui Platform Digital “Storysight”.

- Advertisement -

Acara yang dihelat di Gedung pertemuan ‘Aisyiyah Kotagede ini bertujuan memberikan pemahaman lebih dalam tentang pentingnya literasi membaca pada usia dini dan bagaimana teknologi, khususnya platform digital “Storysight”, dapat menjadi sarana efektif dalam pendampingan anak-anak.

Ketua PCA Kotagede Dra. Hj. Muftiyah Hidayati mengatakan bahwa kegiatan ini memberikan dorongan atau motivasi kepada orang tua dalam mendampingi anak-anak belajar dengan memanfaatkan teknologi.

Artikel Lainnya
1 of 20

“Perkembangan teknologi tidak dapat kita elakkan lagi. Bagaimana kita menyikapi hal ini dalam mendampingi anak-anak, agar ketika anak-anak berlama-lama di depan gadget tidak melulu bermain, tetapi kita arahkan untuk meningkatkan literasi”, jelas Eko Purwanti, P.Hd. selaku ketua panitia penyelenggara sekaligus koordinator Divisi Kemasyarakatan Majelis PAUD Dasmen.

Nara sumber pada acara ini adalah Dr. Herlina Siwi Widiyana seorang dosen psikologi dari Universitas Ahmad Dahlan (UAD) yang memiliki keahlian dalam perkembangan anak usia dini. Dalam presentasinya, beliau menyoroti peran penting orang tua dalam membentuk kebiasaan membaca sejak dini dan dampak positifnya terhadap perkembangan kognitif anak.

Salah satu sorotan utama dalam workshop ini adalah pengenalan dan pemanfaatan platform digital “Storysight”. Platform ini dirancang khusus untuk memfasilitasi orang tua dalam memberikan pendampingan membaca yang kreatif dan interaktif kepada anak-anak. Melalui cerita digital yang menarik dan pendekatan multimedia, anak-anak dapat lebih mudah tertarik dan terlibat dalam kegiatan membaca.

Baca Juga :   Jalan Menuju Puncak Hidup Bahagia

Diskusi parenting ini akan dilaksanakan dua kali, pertama dilaksanakan Kamis, 15 Februari 2024 diikuti oleh perwakilan orang tua/wali murid  TK ABA se Kotagede, masing-masing mengirimkan 5 wali murid. Sedangkan kegiatan kedua akan dilaksanakan pada hari Rabu, 21 Februari 2024 dengan peserta komite dan guru TK ABA se kotagede Yogyakarta. Kegiatan pada tanggal 15 Februari 2024 difokuskan pada pemberian materi secara teori terkait dengan peran orangtua dalam meningkatkan minat baca anak usia dini, sedangkan kegiatan pada tanggal 21 Februari 2024 difokuskan pada ‘sharing session’ para peserta setelah mereka menggunakan platform ‘Storysight’.

Peserta parenting diberikan kesempatan untuk langsung mencoba platform “Storysight” dalam sesi praktikum. Mereka diajak untuk membuka platform “storysight” yang dapat digunakan untuk membimbing anak-anak dalam meningkatkan literasi membaca. Diskusi interaktif dan tanya jawab juga dilakukan untuk memastikan pemahaman yang mendalam tentang aplikasi tersebut.

“Saya berharap, dengan adanya kegiatan ini, orang tua dan pendidik dapat lebih siap dan terampil dalam membimbing anak-anak mereka dalam membaca, serta memanfaatkan teknologi dengan bijak melalui platfor storysight” kata Galang Hidayat Jati selaku pembuat platform.

Kegiatan ini merupakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat dari dosen Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, yaitu Eko Purwanti, Ph.D, dan Dr. Suryanto dan Mitra kegiatan yaitu Pimpinan Cabang ‘Aisyiyah (PCA) Kotagede di bawah Majlis PAUD Dasmen PCA.


Bagikan

Leave a Reply