PCM Kotagede Gelar Pengajian Akbar 1 Muharram 1446 H dan Doa Bersama

Bagikan

Muhammadiyah telah menetapkan 1 Muharram 1446 H jatuh pada Minggu, 7 Juli 2024. Dalam rangka menyongsong tahun baru Islam ini, Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kotagede (PCM) menggelar Pengajian 1 Muharram 1446 H dengan tema “Ojo Leren Dadi Wong Apik”.

- Advertisement -

Ust. Kang Puji Hartono dari Pesantren Masyarakat Jogja

Pengajian ini berlangsung pada Sabtu (6/7/2024) di Masjid Gedhe Mataram Kotagede. Menghadirkan Ust. Kang Puji Hartono dari Pesantren Masyarakat Jogja sebagai penceramah dan dimeriahkan oleh penampilan Grup Sholawatan Purbo Makutho.

Artikel Lainnya
1 of 19
Drs. Kaharudin Noor, Lurah Jagalan

Hadir dalam pengajian Lurah Jagalan, Drs. Kaharudin Noor, jemaah Pimpinan Ranting Muhammadiyah Kotagede, Pimpinan Ranting ‘Aisyiyah Kotagede, dan jemaah sekitarnya.

Memasuki tahun baru Islam, Muhammad Hatta selaku Ketua PCM Kotagede dalam sambutannya mengumumkan bahwa Muhammadiyah telah resmi menggunakan Kalender Hijriah Global Tunggal (KHGT) untuk menentukan awal bulan Hijriah.

Hatta menegaskan bahwa KHGT memiliki prinsip keselarasan, memastikan setiap hari memiliki satu tanggal di seluruh dunia. Tujuannya untuk menghindari perbedaan dalam keputusan momen penting dalam Islam, salah satunya penetapan 1 Syawal yang seringkali berbeda saat menggunakan kalender hijriah lokal.

“Karena umat Islam itu adalah satu, maka sudah semestinya memiliki waktu yang sama di seluruh dunia. Sebab, selama ini kita menggunakan kalender hijriah lokal yang kadang-kadang menimbulkan perbedaan dalam berbagai keputusan. Dan Muhammadiyah turut serta memperjuangkan KHGT yang juga telah diputuskan dalam konferensi Islam di Turki,” jelas Hatta.

Melalui penerapan KHGT ini, Hatta berharap bisa digunakan secara lancar dan mendapatkan Kalender Hijriah Global di seluruh dunia.

Baca Juga :   Refleksikan Hikmah Puasa, Menyongsong Pengajian Kotagede CERIA

Pengajian dilanjut dengan tausiah dari Ust. Kang Puji Hartono sekaligus ditutup dengan doa bersama.

(M. Gufron)


Bagikan

Leave a Reply