PCPM Kotagede Tutup Tahun 2023 Dengan Final PMKG CUP

Bagikan

Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah (PCPM) Kotagede menutup tahun 2023 dengan melaksanakan pertandingan sepak bola Final PMKG Cup, pada Ahad (31/12). Ajang ini merupakan bagian dari Semarak Musyawarah Cabang (Musycab) Pemuda Muhammadiyah Kotagede yang akan berlangsung pada 14 Januari 2024.

- Advertisement -

Pertandingan final ini cukup menarik banyak perhatian warga Kotagede, terbukti dengan kehadiran sekitar 10 ribu penonton yang memeriahkan laga Final PMKG Cup. Kesuksesan event ini membuat PCPM Kotagede siap menggelarnya kembali di tahun-tahun berikutnya. 

Alhamdulillah, pertandingan berjalan dengan lancar. Semua tim cukup fair play, aman dan bergembira. Semoga, PMKG Cup selanjutnya bisa dilaksanakan tahunan,” kata Ketua PCPM Kotagede, Rahman Widiatmoko.

Artikel Lainnya
1 of 19

Dari PMKG Cup ini juga, bisa menjadi ajang untuk mengambil bibit-bibit dari ranting dan dikumpulkan dalam satu tim PCPM Kotagede. Bisa untuk latihan dan mengikuti kejuaraan di tingkat daerah.

Drama Kejar-kejaran Gol

Berlaga di Lapangan Karang Kotagede, PRM Singosaren bertemu dengan PRM Jagalan di babak final. Di babak pertama, PRM Singosaren unggul dari segi penguasaan bola dan menekan PRM Jagalan, hingga akhirnya berhasil mencetak gol terlebih dahulu. Skor 1-0 untuk PRM Singosaren bertahan sampai turun minum. 

Beranjak ke babak kedua, kedua tim saling menyerang, bahkan kejar-kejaran gol terjadi. Diawali dengan PRM Jagalan mampu menyamakan kedudukan sehingga skor menjadi 1-1. Namun, beberapa menit kemudian PRM Singosaren kembali unggul dengan skor 2-1. 

Baca Juga :   Kado Kecil Lazismu untuk Panti Asuhan Tunarungu Jamhariyah, Sleman

PRM Jagalan menolak menyerah, mereka langsung menyamakan skor lagi menjadi 2-2. Tapi sekali lagi, PRM Singosaren menunjukkan ketangguhannya dengan beberapa menit setelahnya unggul lagi dengan skor 3-2. Skor bertahan hingga wasit meniup peluit panjang. 

Atas hasil ini, PRM Singosaren menjadi juara PMKG Cup. Mereka pun berhak membawa pulang piala dan uang pembinaan yang diserahkan oleh Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Kotagede, Muhammad Hatta. 

Alhamdulillah, sangat senang sekali dengan perjuangan teman-teman PRM Singosaren. Teman-teman di sini bermain dengan sangat kompak,” ungkap Bayu Aji Bagaskara, Kapten Tim PRM Singosaren.

Dihadiri Tokoh Sepak Bola DIY

Tokoh sepak bola DI Yogyakarta, Ir. Ahmad Syauqi Soeratno, M.M. menegaskan bahwa sepak bola adalah ladang dakwah Muhammadiyah, bahkan sejak persyarikatan berdiri sejak 111 tahun lalu.

Menurut Mantan General Manager PSIM Jogja itu, sepak bola tidak bisa dilepaskan dari Muhammadiyah. Terlebih, salah satu Tokoh Muhammadiyah, yaitu Abdul Hamid ikut serta mendirikan PSSI bersama Ir. Soeratin. Bahkan, Abdul Hamid juga pernah menjadi pemain PS Hizbul Wathan (PSHW) saat itu.

Pak Dasron Hamid (Putra dari Abdul Hamid dan Mantan Rektor UMY) sebelum wafat pada tahun 2015 meninggalkan pesan kepada saya agar pastikan sepak bola selalu ada di Muhammadiyah dan dari Muhammadiyah ada yang berada di PSSI,” tutur Syauqi di sela-sela proses penyerahan piala.

Oleh karenanya, Syauqi turut mengapresiasi digelarnya PMKG Cup yang digelar PCPM Kotagede dan berharap kompetisi terus berlangsung setiap tahunnya. Syauqi berharap juga dari event ini, akan muncul bibit – bibit pesepakbola dari Kotagede. 

Di akhir sambutannya, Syauqi mengucapkan selamat kepada PRM Singosaren yang menjadi pemenang PMKG Cup. Di samping itu, Syauqi mengapresiasi semua tim yang berlaga di sini karena telah berjuang dengan sangat luar biasa.

Baca Juga :   5 Fungsi Masjid dan Tips Memakmurkannya

Mari kita pastikan, berangkat dari Kotagede (seluruh) ranting aktif bersepakbola, lalu cabang, lanjut ke Kota Yogyakarta, dan insya Allah di seluruh DIY. Semoga ini menjadi inspirasi, sukses untuk Kotagede dan sepak bola di Pemuda Muhammadiyah,” pungkas Calon Anggota DPD RI Dapil DIY tersebut.

Ahmad Amiruddin


Bagikan

Leave a Reply