Karnaval Takbir IRM Jambidan ke-28 Siap Digelar! Hadiah 4 Kambing dan Bintang Tamu Meriahkan Iduladha di Banguntapan

Bagikan

Banguntapan – Tinggal hitungan hari, umat Islam di seluruh dunia akan merayakan Iduladha 1445 H. Di Indonesia, momen istimewa ini tak hanya diwarnai dengan ibadah wajib saja, tetapi juga diramaikan dengan berbagai tradisi unik. Kebiasaan tersebut tentu menambah euforia dalam menyambut hari raya umat Islam.

- Advertisement -

Salah satunya Karnaval Takbir yang diselenggarakan oleh Ikatan Remaja Muhammadiyah (IRM) Jambidan, Banguntapan. Karnaval Takbir IRM Jambidan ini telah menjadi tradisi tahunan. Selain Karnaval Takbir, IRM Jambidan juga memiliki kegiatan rutin lainnya, yaitu IRM Jambidan Kids Festival, Pentasyarufan zakat fitrah dan, penyaluran hewan kurban.

Pada tahun ini, Karnaval Takbir IRM Jambidan ke-28 mengusung tema “Peran Pemuda Islam dalam Kepedulian Terhadap Palestina di Era Digital”. Kegiatan akan dilaksanakan pada Selasa, 18 Juni 2024. Diska selaku Ketua Panitia mengungkapkan bahwa Karnaval Takbir ke-28 akan diikuti sebanyak 20 kafilah dari seluruh Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). 

Artikel Lainnya
1 of 7

“Peserta yang resmi terdaftar sudah ada 20 kafilah. Tidak hanya kafilah dari Banguntapan saja, ada juga peserta dari Kota Yogyakarta, Bantul, Sleman, dan sekitarnya,” jelas Diska saat dihubungi pada Rabu, (12-6-2024).

Selain untuk menyemarakkan Iduladha 1445 H, Diska menjelaskan bahwa Karnaval Takbir juga sebagai syiar Islam melalui karya budaya yang Islami. 

“Kegiatan ini menjadi wadah bagi generasi muda untuk menyalurkan potensi dan kreativitas seni mereka. Sekaligus menggalang ukhuwah islamiyah para generasi muda Islam di Wilayah Yogyakarta dan sekitarnya,” paparnya.

Baca Juga :   DARURAT! Sedang Bawa Pasien, AmbulanMu Evakuasi Korban Lakalantas

Semarak Karnaval Takbir 2024 IRM Jambidan ke-28

Terkait kesiapan pelaksanaan, Diska menyampaikan pelaksanaan Karnaval Takbir siap digelar. Pihaknya menjelaskan bahwa telah mendapat izin dari pihak kepolisian, koordinasi dengan keamanan hingga tenaga medis sebagai media partner. 

“InsyaAllah, kami dari kepanitiaan sudah mendapat izin dari pihak keamanan, koordinasi dengan tim kesehatan, dan lainnya. Semoga pelaksanaan nanti berjalan dengan lancar,” terangnya. 

Karnaval Takbir IRM Jambidan ke-28 (dok. istimewa)
Karnaval Takbir IRM Jambidan ke-28 (dok. istimewa)

Pawai kafilah dimulai dari Lapangan Potorono menuju lokasi display di Lapangan Jambidan. Penampilan para kafilah Karnaval Takbir ke-28 akan dinilai oleh tim dewan juri. Para kafilah yang dinyatakan menang oleh dewan juri akan mendapatkankan hadiah Trophy PCM Banguntapan Selatan, uang pembinaan, dan 4 ekor kambing.

Selain itu, kafilah akan merebutkan Trophy Trophy Bergilir Gubernur DIY, Trophy Bupati Bantul,Trophy Kemenag DIY, Trophy Kemenag Bantul, Trophy PWM DIY dan, Trophy PDM Bantul.

Display 20 kafilah Karnaval Takbir PRM Jambidan ke-28 akan dinilai oleh Puput Pramuditya (Juri Musik), Gandar Setiawan (Juri Maskot), Indra Gunawan (Juri Kostum), Lutfi Iksani (Juri Barisan), serta tim Juri Takbir, yakni Dwi Wahyu Setyowati, Muh. Nasrullah, Anjar Sulistiawan, Muh. Isa Anshori dan, Suratno Ayat.

Diska juga menceritakan bahwa “Semarak pelaksanaan Karnaval Takbir akan ada mural sebagai kampanye terhadap Palestina sekaligus melakukan galang dana di lapangan. Selain itu akan dimeriahkan penampilan bintang tamu,” tutupnya.


Bagikan

Leave a Reply