Pasar Pasan Kotagede 2024 Mulai Hari Ini, Bagaimana Lalu Lintas di Jalan Mondorakan?

Bagikan

Pasar Pasan 2024 akan secara resmi dibuka mulai hari ini Senin, 11 Maret 2024. Event pasar Ramadhan tersebut digelar hingga 8 April 2024 di Jalan Mondorakan, Kotagede, Yogyakarta.

- Advertisement -

Selama hampir satu bulan, Pasar Pasan Kotagede bakal menjadi salah satu tempat untuk ngabuburit atau berburu makanan buka puasa. Sejumlah tenant akan menggelar lapaknya di Jalan Mondorakan, mulai dari simpang Jalan Masjid Mataram hingga depan Gang Soka.

Seiring dengan penyelenggaraan Pasar Pasan di Kotagede selama Ramadhan 1445 H/2024 M, lalu lintas Jalan Mondorakan akan mengalami pengkondisian setiap pukul 15.00-18.00 WIB. Bagaimana lalu lintas di Jalan Modorakan selama Pasar Pasan berlangsung?

Artikel Lainnya
1 of 17

Lalu Lintas Jalan Mondorakan Saat Pasar Pasan 2024

Mengacu pada postingan akun Instagram resmi @pasarpasan, akses untuk mobil di Jalan Mondorakan akan dialihkan pada pukul 15.00-18.00 WIB. Dengan kata lain, jalur mobil yang semula dapat melalui Jalan Mondorakan dari timur ke barat akan ditutup pada jam-jam tersebut.

Untuk menghindari kemacetan di Jalan Mondarakan selama Pasar Pasan 2024, pengguna roda empat bisa memilih jalan alternatif. Pengendara mobil dari arah Jalan Kemasan dapat berbelok ke Jalan Karanglo, lantas berbelok lagi ke Jalan Purbayan menuju Ringroad Selatan.

Skenario serupa juga akan berlaku untuk para pengendara mobil di Jalan Masjid Besar atau dari arah Makam Raja-Raja Mataram Kotagede. Jika sebelumnya bisa memperoleh akses ke Jalan Mondorakan, akses tersebut sementara ini ditutup.

Baca Juga :   Kulonuwun Kotagede: Napak Tilas Sejarah dan Pergerakan Muhammadiyah

Sebagai alternatif, pengguna roda empat di Jalan Masjid Besar Mataram bisa bergerak ke selatan, melalui situs Watu Gilang Kotagede, lalu tembus di Jalan Singosaren. Untuk keluar dari Kotagede, pengendara akan diarahkan ke Giwangan atau Ringroad Selatan.

Sementara itu, mobil yang ingin ke Kotagede dari arah Jalan Tegalgendu tetap tak bisa memasuki Jalan Mondorakan. Sebagaimana biasanya, pengendara bisa mengalihkan mobilnya ke Jalan Nyi Pembayun, sebelum kemudian sampai ke pertigaan Jalan Kemasan.

Peta rekayasa lalu lintas selama Pasar Pasan 2024

Di mana Kantong Parkir Pasar Pasan 2024?

Selama berlangsungnya Pasar Pasan 2024, setidaknya ada 5 kantong parkir yang disediakan untuk pengunjung. Kelima kantong parkir tersebut mencakup PDHI Kotagede, Kelurahan Jagalan, PHQ Prenggan Kotagede, Pendhapa Kajengan, dan Dalem Sopingen.

Tempat parkir di PDHI Kotagede disediakan untuk pengguna roda empat. Adapun lahan parkir di Kelurahan Jagalan bisa dipakai untuk pengguna roda dua maupun roda empat. Akses ke Jalan Mondorakan bakal dibuka untuk pengendara mobil yang ingin berkunjung ke Pasar Pasan dan parkir di Kelurahan Jagalan.

Di sisi lain, 3 kantong parkir lainnya akan disiapkan untuk pengendara motor, yaitu lahan PHQ Prenggan Kotagede, yang berlokasi di depan gerbang Pasar Pasan 2024. Kemudian, ada halaman Pendhapa Kajengan serta Dalem Sopingen.

Pengkondisian lalu lintas dan lahan parkir di atas akan berlaku selama bergulirnya Pasar Pasan pada 11 Maret-8 April 2024, tepatnya pukul 15.00-18.00 WIB.

Pasar Pasan Kotagede 2024 diinisiasi oleh Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM) PCM Kotagede, bersama Pemuda Muhammadiyah dan Angkatan Muda Muhammadiyah. Sejumlah kolaborator juga akan terlibat event ini melalui berbagai program lain. (Ahmad Yasin).


Bagikan

Leave a Reply