Muhammadiyah Resmi Terapkan Kalender Hijriyah Global Tunggal 1446 H, Unduh di Sini!

Bagikan

Muhammadiyah secara resmi menggunakan Kalender Hijriyah Global Tunggal (KHGT). Kehadiran KHGT bertujuan untuk mengatasi perbedaan penanggalan yang sering menyebabkan perbedaan dalam pelaksanaan hari besar Islam.

- Advertisement -

KHGT oleh Muhammadiyah sebagai langkah antisipatif terhadap tantangan perbedaan pemahaman dan budaya dalam penentuan hari-hari besar Islam. Dilansir dari laman Suara Muhammadiyah, Rabu, (10/7/2024), Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir menyerukan adopsi KHGT untuk mengakhiri perbedaan penentuan hari dan tanggal penting dalam kalender hijriyah.

Muhammadiyah telah menerbitkan Kalender Hijriyah Global Tunggal sesuai keputusan Musyawarah Nasional (Munas) XXXII Tarjih yang berlangsung pada 23-25 Februari 2024 di Pekalongan. Dalam Munas ini diputuskan bahwa KHGT mulai diberlakukan pada 1 Muharram 1446 Hijriah.

Artikel Lainnya
1 of 17

Dengan langkah ini, Muhammadiyah menegaskan perannya sebagai agen perubahan dalam menghadapi tantangan global, sekaligus memperkuat komitmen terhadap konsep Islam berkemajuan.

Kalender Hijriyah Global Tunggal 1446 H bisa diunduh disini


Bagikan

Leave a Reply