Rapat Kerja : PRM & PRA Jagalan Bergerak, Mencerahkan Jagalan Berkemajuan

Bagikan

Setelah Agenda Pengukuhan, Pimpinan Ranting Muhammadiyah dan Pimpinan Ranting ‘Aisyiyah Jagalan Kotagede Masa Jabatan 2022 – 2027 bergerak cepat untuk mengadakan kegiatan Rapat Kerja (Raker). Bertempat di Pendopo Desa Wisata Pulesari, Wonokerto, Turi, Sleman pada hari Sabtu dan Ahad (6 – 7 Januari 2024) Raker PRA & PRA Jagalan Kotagede dilaksanakan.

- Advertisement -

Agenda Rapat Kerja kali ini adalah sarana untuk merumuskan Program Kerja tahun 2024, mulai dari Pimpinan Harian (Umum) maupun setiap Majelis dan Lembaga. Raker tahun 2024 mengusung Tema PRM & PRA Jagalan Bergerak, Mencerahkan Jagalan Berkemajuan”.

Senada dengan tema yang diambil, diharapkan PRM dan PRA Jagalan terus bergerak untuk menggerakkan dakwah “amar ma’ruf nahi munkar”, karena Ranting adalah ruang etalase gerakan Muhammadiyah yang langsung bersentuhan dengan masyarakat secara terus menerus. Dan Keluarga Besar Muhammadiyah akan menjadi rujukan warga sekitar. Demikian disampaikan oleh Ketua PRM Jagalan, H Yunus Wahyudi di dalam sambutannya.

Artikel Lainnya
1 of 19

Beliau menambahkan, “Bahwa indikator Organisasi/ Persyarikatan yang sehat adalah terus bergerak, terorganisir dan seluruh Pimpinan menjalankan program kerja yang telah direncanakan”.

Disampaikan pula ada 5 (lima) Program Utama PRM Jagalan tahun 2024 yakni, Mendirikan Kantor Sekretariat, Menjadi Organisasi Mandiri dengan mendirikan Badan Usaha Milik PRM/ PRA, Membina umat melalui Kajian Rutin, Pembentukan Ortom dan Pemberdayaan Masyarakat dengan bantuan Pendidikan bagi keluarga kurang mampu, dengan target minimal 1 (satu) keluarga 1 (satu) sarjana.

Baca Juga :   Pasar Pasan Menjadi Bagian Upaya Meningkatkan Ekonomi Umat

Raker 2024 dibuka oleh Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kotagede yang pada kesempatan ini diwakili oleh Muhammad Bariyadi. Dalam sambutannya disampaikan bahwa PCM Kotagede sangat mengapresiasi PRM dan PRA Jagalan yang sudah menyelenggarakan Raker tahun 2024.

Dalam kesempatan ini beliau mengutip QS Ali Imran ayat 104 yang merupakan seruan kepada warga Muhammadiyah umumnya, Khususnya Pimpinan Muhammadiuah untuk terus menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang munkar. Diharapkan setiap Pimpinan mampu mengemban amanah untuk melaksanakan program kerja yang telah disusun, tentunya untuk kemaslahatan warga Muhammadiyah di Jagalan.

Seusai acara Pembukaan Raker, dilanjutkan dengan materi Pemantapan Ideologi Muhammadiyah yang disampaikan oleh H Akhid Widi Rahmanto dari PDM Kota Yogyakarta. Kang Akhid (demikian sapaan akrabnya) menyampaikan pentingnya warga Muhammadiyah terlebih Pimpinan Muhammadiyah memiliki pemahaman yang kuat tentang ideologi Muhammadiyah. Secara runtut disampaikan, sejarah berdirinya Muhammadiyah dengan segala liku-likunya hingga bisa terus berkembang sampai saat ini.

Dalam materinya, juga disampaiakan 7 (tujuh) Pokok Pikiran Muhammadiyah. Yang pada akhirnya dengan Muhammadiyah akan terwujud kehidupan Masyarakat Islam yang sebenar-benarnya atau dalam Al-Quran dirumuskan dengan kalimat “baldatun toyyibatun wa Robbun Ghofur”. Selain merupakan kebahagiaan dunia juga akan menjadi jalan untuk memasuki pintu Surga Jannatun Na’iim.

Dalam kegiatan Raker 2024, sesuai harapan Ketua PRM Jagalan akhirnya bisa terbentuk dan terlahir Pimpinan Ranting Pemuda Muhammadiyah dan Pimpinan Ranting Nasyiatul ‘Aisyiyah Jagalan Kotagede. Adalah Muhammad Fauzan Al Baihaqi dan Mukharomah Ulul Azmi yang terpilih sebagai Ketua PRPM dan PRNA Jagalan Kotagede.

Selain agenda utama Raker tahun 2024 untuk menyusun Program Kerja, kali ini Panitia Raker juga mengagendakan acara “fun games” dan outbound. Selain bertujuan untuk menciptakan suasana riang gembira juga diharapkan sebagai sarana untuk lebih mengarabkan diantara para Pimpinan, serta menumbuhkan semangat kebersamaan dalam Keluarga Besar PRM dan PRA Jagalan Kotagede. Sehingga pada akhirnya dalam melaksanakan Program Kerja yang telah disusun senantiasa dilakukan dengan rasa riang dan penuh keikhlasan.

Baca Juga :   MPKSDI PCM Kotagede Hadiri Rakerda MPKSDI Kota Jogjakarta


Bagikan

Leave a Reply