Bantu Wilayah Kekeringan, Lazismu Kotagede Droping Air Bersih di Gunungkidul

Bagikan

Gunungkidul, pcmkotagede.com – Untuk membantu mengatasi masalah kekeringan akibat kemarau panjang, Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kotagede melalui Lazismu Kotagede melaksanakan pendistribusian air bersih ke wilayah Kapanewon Purwosari dan Kapanewon Panggang, Kabupaten Gunungkidul, Sabtu (30/9/2023).

- Advertisement -

Turut dalam pengantaran bantuan air bersih, staf Lazismu Kotagede yang terdiri dari Muhammad Arsyad, Andi Budi, Sukasman, M. Kholid Mawardi dan Ahmad Amiruddin. Ketua 5 PCM Kotagede Pramudya Ananto, Wakil Bendahara PCM Kotagede Barjiyanto, dan Perwakilan Ambulanmu Kotagede Nur Zaman juga ikut mendampingi Lazismu menuju lokasi droping.

Program Droping air bersih ini direncanakan bisa menghimpun 75 total tangki air bersih yang siap edar di masyarakat di Kepanewon Purwosari dan Kepanewon Panggang dalam waktu beberapa pekan ke depan.

Artikel Lainnya
1 of 3

Dalam sambutannya, Arsyad selaku pemerhati dan penasehat Kantor Layanan (KL) Lazismu Kotagede menyampaikan pesan moral dan harapan sekaligus mengadakan serah-terima amanah dari para donatur Kotagede atas asas kemanusiaan dan persaudaraan kepada masyarakat Kepanewon Purwosari dan Kepanewon Panggang.

Didampingi langsung oleh Rungki selaku Ketua PCM Purwosari, KL Lazismu Kotagede langsung meninjau sejumlah lokasi terdampak kekeringan di Kepanewon Purwosari. Terdapat beberapa titik penampungan air warga yang telah mengalami penyusutan hingga mencapai titik terendah dari kapasitas tampungan tandon.

“Insyaallah lokasi sasaran droping air KL Lazismu Kotagede ini akan diarahkan pada Kelurahan Giripurwo dan Kelurahan Giricahyo yang berada pada bagian selatan Kepanewon Purwosari,” jelas  Rungki.

Baca Juga :   KL Lazismu Kotagede Berikan Apresiasi Dalam Tasmi’ Al-Qur`an SD Muhammadiyah Kalangan

Kegiatan droping air kembali dilanjutkan dengan mengunjungi Kepanewon Panggang. Berdasarkan keterangan Heri sebagai perwakilan Lazismu Panggang, dalam mengatasi kekeringan di daerah Panggang, masyarakat dusun sudah memiliki relawan yang siap melaporkan keadaan ter-update di setiap waktunya.

“Biasanya, yang menjadi titik rawan (paling membutuhkan air) di wilayah Panggang adalah pada bagian sentral kegiatan seperti instansi-instansi, mulai dari masjid, sekolah hingga balai masyarakat,” Heri menambahkan.

Maka, dengan adanya ujian kekeringan kemarau ini, semua pihak termasuk Pimpinan Cabang Muhammadiyah dengan KL Lazismu-nya, seluruh AUM Kotagede beserta para donatur diharapkan selalu bersinergi dengan semua elemen Muhammadiyah Kotagede, tujuannya tak lain adalah agar tercipta rasa kekeluargaan dan tumbuh rasa kasih sayang terhadap sesama.

Berkenaan dengan hal tersebut, Kantor Layanan Lazismu Kotagede terus mengajak kepada para mitra, donatur dan para dermawan untuk mengambil aksi nyata dengan turut berkontribusi menyalurkan donasi sedekah air bersih untuk para saudara di pelosok desa yang mengalami kekeringan. “Semoga air bersih yang disalurkan, banyak memberikan kebermanfaatan untuk masyarakat yang membutuhkan,” harap Andi mengakhiri sambutannya di Gedung Dakwah Muhammadiyah Panggang. (Amiruddin)


Bagikan

Leave a Reply