Harapan Menjadi Kader Berkemajuan dalam Syawalan AMM Kotagede

Bagikan

Momen syawalan dimanfaatkan Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) Kotagede sebagai ajang untuk merangkai harapan menjadi kader persyarikatan yang berkemajuan. Acara syawalan diadakan oleh AMM Kotagede pada Sabtu, 27 April 2024 mulai pukul 20.00 WIB di Masjid Gedhe Mataram, Kotagede.

Selaku ketua AMM Kotagede, Ahmad Amiruddin Priyatmaja menyatakan bahwa apa yang dimaksud berkemajuan adalah proses bergerak maju menjadi lebih baik dan dinamis. Ia menyebut salah satu ciri berkemajuan adalah mampu menerapkan konsep tabayyun.

“Hal tersebut berangkat dari kisah Iblis yang menentang perintah Allah untuk bersujud kepada Adam, namun Allah tidak langsung menghukumnya. Allah malah mencoba tabayyun (konfirmasi) alasan iblis enggan bersujud. Begitulah kisahnya,” kata Amir, mencontohkan.

Melalui acara syawalan, AMM Kotagede berupaya untuk merekatkan persaudaraan dan kebersamaan. Kedua hal ini perlu untuk dipupuk lebih dulu, sebelum kemudian mewujudkan harapan menjadi muda-mudi berkemajuan.

“Harapannya adalah terjalin hubungan kekeluargaan yang erat dan saling bahu-membahu, saling berjuang dan memperjuangkan,” imbuh Amir, saat dihubungi via pesan teks, Ahad (28/4).

“Perlu ditekankan di sini akan pentingnya pengorbanan, namun jangan sampai jadi korban. Semuanya saling merangkul dan berjalan bersama-sama,” tandas Amir.

Amir mengamini bahwa Ramadan merupakan bulan peningkatan iman, yang mesti diteruskan semangatnya pada bulan-bulan berikutnya. Tak terkecuali pula semangat gotong royong di antara anggota AMM yang juga mesti dipertahankan guna menyukseskan setiap acara.

Selepas disibukkan dengan berbagai agenda AMM, Amir berharap bahwa para anggota AMM tetap mampu menjaga semangatnya. Hal itu dapat dilakukan dengan mempertahankan komunikasi di antara anggotanya, meskipun di luar kegiatan formal. Misalnya, dengan mengikuti kajian Gema Dakwah.

Amir mengungkapkan, rencana terdekat AMM saat ini adalah persiapan kepanitiaan Hari Raya Idul Adha, tepatnya melalui sie PPHQ AMM Kotagede. Kemudian, bakal ada agenda kolaborasi juga untuk menghelat pelatihan jurnalistik dengan MPI PCM Kotagede.

Syawalan yang digelar AMM Kotagede pada Sabtu, 27 April 2024 diikuti oleh 80 orang, meliputi perwakilan dari berbagai ortom Muhammadiyah Kotagede. Acara juga diisi dengan pengajian yang dipimpin Andy Putra Wijaya, Dosen Perbankan Syariah UAD sekaligus Ketua MPKSDI PWM DIY.

Ahmad Yasin

Artikel Lainnya
1 of 19

Bagikan
1 Comment
  1. Anonymous says

    Maju terus untuk AMM kotagede

Leave a Reply